Reklame

Senin, 13 Desember 2010

Batu Cincin Berdasarkan Bulan Lahir dan Zodiak

Batu Mulia, atau Batu Akik sudah banyak dikenal masyarakat luas, khususnya di Indonesia. Terkadang masyarakat masih mengkait-kaitkan antara Batu Mulia – Akik dengan Bulan kelahiran, weton, dan sebagainya sebagai dampak bergulirnya perkembangan budaya masa dahulu di Indoensia. Batu Mulia – Akik juga tidak hanya dipandang dari sisi keunikanya, segi warna, tekstur, maupun tingkat kekerasannya yang menyebabkan nilainya sangat tinggi dan mahal juga pola warna-warna alam yang terkandung di dalamnya sangat unik menjadikan batu mulia sebagai komoditas yang bisa diolah sehingga bernilai jual tinggi, tapi lebih penting juga kecocokan karakter seseorang berdasarkan bulan kelahiran, dan sifat batu-batu itu sendiri sehingga sebagian masyarakat mempercayai bahwa keberadaan batu yang dipakai akan memberikan pengaruh pada pemakainya.
Batu Mulia dalam pelukan Bulan Kelahiran
Menurut Info, batu mulia digolongkan dalam beberapa kelas. Terdiri dari batu permata (precious stone), batu setengah permata (semi precious stone), dan batu hias (ornament stone). Batu mulia yang masuk klasifikasi batu permata meliputi, intan, mirah delima (ruby), safir (sapphire), zamrud (emerald), garnet, opal (kalimaya), kecubung, giok (jade), topas, dan turmalin. Sementara batu setengah permata di antaranya, alsedon, agat (akik), rijang (chert), zircon, jasper, batusatam (textile), krisopras, malakit, azurite, florit, batu darah (hematite), krisokola, andalusit, kiastolit, phrenit, dan obsidian. Sedangkan yang termasuk klasifikasi batu hias, di antaranya onik, serpentinit, kalsit, aktinolit, peridotit, pegmatite, kurarsit, kuiseki, dan fossil kayu (silicified wood).
Sebagai bagian dari gaya hidup, saat ini batu mulia di kalangan pengoleksi pemula dihubungkan dengan bulan kelahiran, semacam zodiak. Dari sekian informasi yang dikumpulkan, dapat dirinci kecocokan batu dengan Zodiac sebagai berikut :
Bulan Januari – dihubungkan dengan batu garnet, yang melambangkan hati yang terbuka, loyal dan penuh kasih sayang.
Bulan Februari – dinaungi oleh batu Amethyst, batu yang melambangkan aristokrasi dan kekuasaan.
Bulan Maret – dilambangkan oleh Aquamarine atau Bloodstone, batunya Dewa Laut Neptune, yang melindungi pelaut dari berbagai rintangan selama mengarungi samudra.
Bulan April – dihubungkan dengan berlian, lambang kekuatan cinta, juga kekuasaan, keserakahan, intrik, dan magic.
Bulan Mei – adalah batu zamrud (emerald), batu persembahan untuk Dewi Venus yang melambangkan kesuburan.
Bulan Juni – identik dengan mutiara, moonstone atau alexandrite. Mutiara merupakan lambang kekayaan, kekuasaan dan umur panjang. Sedangkan moonstone dan alexandrite dipercaya membawa keberuntungan. Bulan Juli adalah ruby, pembawa cahaya dalam kegelapan.
Bulan Agustus – adalah peridot dan sardonyx. Peridot merupakan lambang matahari, sedangkan sardonyx dipercaya membawa keberuntungan, melindungi pemakainya dari godaan setan dan membuatnya pandai bicara.
Bulan September – dihubungkan dengan batu safir, lambang kejujuran dan kebersihan jiwa. Konon batu ini warnanya akan berubah jadi gelap jika pemakainya berselingkuh atau punya jiwa dan niat jahat.
Bulan Oktober – adalah opal atau tourmaline. Opal lambang harapan dan cinta, sedangkan tourmaline lambang kedamaian yang dipercaya bisa mengusir rasa takut pada pemakainya.
Bulan November – adalah cocok dengan topaz, lambang kebijaksanaan dan kesabaran.
Bulan Desember – adalah turquoise atau zircon. Turquoise merupakan lambang kesuksesan dan nasib baik, sedangkan zircon melambangkan keselamatan dan kesehatan.
Untuk Batu Permata menurut Zodiac/Tanda Bintang ini merupakan pilihan lain, dalam hubungannya dengan Batu Kelahiran, Batu Planet serta Batu Keberuntungan.
Tanda Bintang
Batu Kelahiran
Batu Keberuntungan
Capricorn (22 Des-19 Jan)
Ruby / Mirah, Garnet, Agate / Akik
Lapis Lazuli, Ruby / Mirah
Aquarius (20 Jan-18 Feb)
Garnet, Moss Agate / Akik Lumut, Opal / Kalimaya, Amethyst / Kecubung
Turquoise / Pyrus, Garnet
Pisces (19 Feb-20 Mar)
Amethyst / Kecubung, Rock Crystal, Sapphire, Bloodstone,Aquamarine
Amethyst / Kecubung
Aries (21 Mar-19 Apr)
Bloodstone, Diamond / Intan, Jasper / Hati Ayam
Diamond / Intan, Jasper / Hati Ayam, Bloodstone
Taurus (20 Apr-20 Mei)
Sapphire, Amber, Turquoise / Pyrus, Blood Coral, Emerald / Zamrud
Sapphire, Diamond / Intan
Gemini (21 Mei-20 Jun)
Agate / Akik, Pearl / Mutiara, Chrysoprase, Tiger Eye / Mata Macan
Agate / Akik, Emerald / Zamrud
Cancer (21 Jun-22 Jul)
Emerald / Zamrud, Pearl / Mutiara, Ruby / Mirah, Moonstone
Emerald / Zamrud, Agate / Akik, Chalcedony
Leo (23 Jul-22 Agst)
Tourmaline, Sardonyx, Onyx Rock Crystal
Peridot, Onyx, Amber
Virgo (23 Agst-22 Sep)
Pink Jasper / Hati Ayam Pink, Jade / Giok, Carnelian, Sapphire
Citrine / Kwarsa kuning
Libra (23 Sep-22 Okt)
Opal / Kalimaya, Lapis Lazuli, Peridot
Sapphire, Opal / Kalimaya, Chrysolite
Scorpio (23 Okt-21 Nov)
Aquamarine, Topaz
Garnet, Ruby / Mirah Aquamarine, Beryl
Sagitarius (22 Nov-21 Des)
Sapphire, Topaz, Amethyst / Kecubung, Turquoise / Pyrus
Topaz, Pearl / Mutiara
Terlepas dari apapun bulan kelahiran dan batu keberuntungan yang cocok, tetap dan janganlah lupa bahwa semua ini bukan sebagai tempat bersandar. Segala kekuatan hanya dari Allah Ta’alaa, dan kepadaNyalah kita kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar